Responsi Tertulis Praktikum Geologi Fisik Teknik Geologi 2008/2009

Responsi Tertulis Praktikum Geologi Fisik Teknik Geologi 2008/2009
Hari : Sabtu, 24 Januari 2009
Pukul : 08.00 – 10.00
Soal :
1. Sebutkan sifat – sifat fisik mineral ?
2. Coba anda gambarkan siklus batuan dan jelaskan bagaimana proses terjadinya batuan tersebut, kemudian sebutkan tekstur apa saja yang ada dalam jenis – jenis batuan tersebut ?
3. Ditemukan suatu batuan dengan tekstur fanerik, struktur masif, komposisi mineral 50% felsik dan 50% mafik. Tentukan jenis batuan dan nama batuan ?
4. Sebutkan skala kekerasan mineral menurut mohs dari yang terkecil sampai yang terbesar ?
5. Apa perbedaan dan persamaan antara skoria dan pumice ?
6. Tentukan jarak dalam kilometer( cara perhitungan harus di tulis dengan jelas dan lengkap ) :
a. 7°9’11” LU – 12°20’2” LU
b. 20°10’4” LS – 15°3’43” LS
7. Apa saja alat yang diperlukan dalam melakukan analisa foto udara dan sebutkan bagaimana langkah – langkah pengamatannya ?
8. Apa yang di maksud dengan garis kontur dan sebutkan ciri – cirinya ?
9. Jika jarak dari A ke B 20 km, sedangkan pada peta sejauh 4 cm tentukan skala fraksionalnya dan interval kontur dari peta tersebut ( cara perhitungan harus jelas )?
10. Rekonstruksi diagram blok di bawah ini :

11. Coba anda jelaskan langkah menentukan strike dan dip dengan menggunakan kompas ?
12. Sebutkan 3 hukum dasar geologi yang anda ketahui ?
13. Sebut dan gambarkan jenis – jenis lipatan, kemudian pada gambar tersebut pasang simbol strike dan dipnya ?
14. Apa yang di maksud dengan sesar,kemudian gambarkan jenis – jenis sesar tersebut ?
15. Buatlah deskripsi singkat mengenai apa saja yang anda lihat pada saat melakukan fieldtrip Geologi Fisik, baik itu di lokasi penangamatan 1, lokasi pengamatan 2, lokasi pengamatan 3, dan lokasi pengamatan 4 ?

About HMTG BUMI

Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi "BUMI", Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta
This entry was posted in buletin and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Responsi Tertulis Praktikum Geologi Fisik Teknik Geologi 2008/2009

  1. Meillyssa says:

    Hmmm kok cuma pertanyaannya aja,jawabannya mana ? Kasih jawabannya juga dunx jadi kalo orang awam lihat tulisan ini kan jadi mengerti sedikit tentang kuliah geologi hehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s